Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaKabupaten Bangka SelatanNasionalSosial & BudayaTerbaru

Bank sampah “si bersih’ cara generasi muda desa Rias mengatasi sampah

46
×

Bank sampah “si bersih’ cara generasi muda desa Rias mengatasi sampah

Sebarkan artikel ini

Relasi Publik

N. Setiadi

Example 300x600

Rias. Bangka Selatan, sampah memang masih menjadi masalah serius diberbagai daerah dan kota. Kurangnya kesadaran dari masyarakat adalah salah satu faktor sulitnya mengatasi problem sampah.

Namun tidak demikian halnya yang kami temui di desa Rias SP’A Kabupaten Bangka Selatan. Untuk meningkatkan kesadaran dan pentingnya mengatasi permasalahan sampah, Perangkat Desa rias dan pemuda Desa membentuk program “si bersih” yang anggotanya diisi generasi muda/pemuda Desa.

Saat kami temui Deni saputra selaku ketua dari ‘si bersih” menceritakan kegiatan dari “si bersih’ mulai dari penjemputan sampah ke rumah warga sampai dengan pengolahan sampah menjadi kerajinan tangan. Sabtu 17 okt 2020

‘kegiatan ini sudah tiga bulan berjalan, sambutan warga dengan kegiatan ini sangat baik, anggota pun terus bertambah karena kami tidak membatasi jumlah anggota. Untuk sekarang jumlah anggota lebih dari 20 orang. Ungkap Deni saputra pemuda kelahiran tahun 1999 itu. Sabtu 17 okt

Kendala untuk saat ini dilapangan, pemuda ini pun menuturkan “untuk sekarang kendalanya di gerobak, jumlahnya terbatas itu saja’ karena kami harus jemput sampah dari rumah ke rumah” Terangnya.

Saat kami temui sebagian anggota perempuan sedang asik membuat kerajinan tangan dari sampah plastik. hasil sampah plastik yang diolah oleh tangan-tangan terampil anggota pun sangat menarik dan bernilai jual, ada alas makan/piring, tempat tisu dan tikar. (Paz)

Hasil liputan:

N. Setiadi

A. Dwi Putra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *