Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaDaerahKabupaten Bangka SelatanNasionalOpiniPariwaraPariwisataPendidikanSosial & BudayaTerbaru

Inspektorat Daerah Bangka Selatan Sosialisasikan Aplikasi TEMU PERADEK

62
×

Inspektorat Daerah Bangka Selatan Sosialisasikan Aplikasi TEMU PERADEK

Sebarkan artikel ini

relasipublik.com

penulis & editor : D.Septian & N.Setiadi

Example 300x600

Toboali, Bangka Selatan. Upaya optimalisasi fungsi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Inspektorat Daerah Kab Bangka Selatan melaksanakan Sosialisasi Sistem Konsultasi dan Pengaduan Masyarakat Digital Elektronik (TEMU PERADEK) yang berlangsung di Kantor Kecamatan Toboali, Jumat (20-11-2020), dihadiri Camat Toboali beserta staf dan pegawai Kecamatan yang disampaikan langsung oleh Inspektur Pembantu I Dodi Kusumah, S.STP selaku narasumber.

Aplikasi TEMU PERADEK masuk dalam gagasan Aksi Perubahan yang saat ini sedang saya ikuti selaku peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I BKPSDMD Prov Bangka Belitung, kata Dodi.

Dia juga menjelaskan, pelayanan konsultasi dan pengaduan masyarakat di Inspektorat Daerah saat ini belum terkelola secara maksimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya sistem pengelolaan pelayanan konsultasi dan pengaduan masyarakat menggunakan suatu sistem informasi berbasis digital yang terintegrasi. Jika dilihat dari aspek anggaran, kualitas SDM APIP, dan sarana dan prasarana yang masih belum memadai serta luasnya cakupan wilayah Bangka Selatan, kehadiran Aplikasi TEMU PERADEK menjadi solusi yang tepat dalam transformasi perbaikan sistem pengelolaan layanan konsultasi dan pengaduan masyarakat serta reformasi birokrasi guna memberikan pelayanan yang mudah, ekonomis, cepat dan tepat. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta masyarakat selaku penerima layanan cukup mengunjungi web Inspektorat Daerah melalui link https://inspektorat.bangkaselatankab.go.id/temuperdek/ .

Untuk layanan konsultasi dan pengaduan masyarakat secara online dibuka berdasarkan jam kerja. Pemohon layanan harus mengisi formulir permohonan dengan syarat ketentuan sudah tercantum dalam Aplikasi TEMU PERADEK. Melalui layanan pengaduan masyarakat secara online bahwa identitas jati diri pelapor tetap dirahasiakan sehingga masyarakat atau organisasi/lembaga tidak perlu khawatir dan takut untuk melapor terkait adanya kinerja aparatur penyelenggaraan Pemerintahan Daerah maupun Desa yang kurang baik dan akan ditindaklanjuti oleh Inspektorat Daerah apabila sesuai dan disertai dukungan dokumen yang jelas oleh pelapor, ungkap Dodi.

Dodi menambahkan, untuk layanan konsultasi dan pengaduan masyarakat secara langsung (offline), Inspektorat Daerah masih melayani dan memfasilitasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun masyarakat yang datang langsung ke Kantor Inspektorat Daerah dan pemohon layanan harus tetap mengisi formulir permohonan yang sudah tersedia di Ruang Pelayanan Publik.

Dengan adanya Aplikasi TEMU PERADEK ini diharapkan memberikan kontribusi maksimal dan dapat membantu pelaksanaan tugas dalam peningkatan capaian kinerja organisasi pada Inspektorat Daerah dalam mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment. Kedepan dukungan Stakeholder sangat di perlukan terutama dalam sisi anggaran, peningkatan SDM APIP dan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai sehingga aplikasi ini dapat terlaksana dan berkembang nantinya, harap Dodi.

Sementara itu, Camat Toboali Sumindar, S.Pd , S.IP, M.Si saat di konfirmasi melalui pesan singkat terkait Kegiatan Sosialisasi Aplikasi TEMU PERADEK dilaksanakan oleh Inspektorat Daerah yang digagas oleh Dodi Kusumah, S.STP sekaligus narasumber kegiatan itu. Sumindar mengatakan bahwa inovasi yang dibuat melalui sistem teknologi informasi mampu menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dan pemerintah terkait informasi dan pengaduan .

Tersedianya Aplikasi TEMU PERADEK pada Inspektorat Daerah dapat memberikan kemudahan akses bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun masyarakat terkait layanan konsultasi dan pengaduan masyarakat. Sehingga inovasi ini perlu di support oleh semua pihak karena akan memberikan dampak positif pada pelayanan publik dimana yang jauh menjadi dekat, yang panjang menjadi pendek dan sulit menjadi mudah. Saya , atas nama Pemerintah Kecamatan Toboali mendukung sepenuh hati atas terobosan dan inovasi yang dibuat. Semoga kedepan Bangka Selatan menjadi semakin baik, harap Sumindar.

Sementara ditempat terpisah, Plt Inspektur Daerah Kab Bangka Selatan P.D Marpaung, S.Pi , M.Si , CFrA melalui pesan singkat mengatakan sangat mendukung adanya Aplikasi TEMU PERADEK yang dikembangkan oleh Inspektur Pembantu I Dodi Kusumah, S.STP yang merupakan gagasan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan sangat mengharapkan agar pemanfaatan aplikasi ini dapat segera terimplementasi, mengingat hal ini akan sangat membantu dalam upaya peningkatan kinerja pelayanan pengawasan oleh Inspektorat.

Marpaung juga menambahkan, aplikasi ini akan terpasang pada situs Inspektorat Daerah Kab Bangka Selatan dan secara otomatis juga terhubung dengan Website Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

Tentu kritik dan saran konstruktif sangat diharapkan, guna perbaikan dan penyempurnaan serta pengkayaan fitur layanannya, ungkap Marpaung, Jumat (20/11/2020).(Paz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *